Potensi Tsunami Gunung Anak Krakatau, Telah Naik Status Waspada Level 2 Menjadi Siaga Level 3

- 26 April 2022, 15:02 WIB
Letusan gunung anak Krakatau di Banten
Letusan gunung anak Krakatau di Banten /Tangkapan layar Instagram @arahmedia.id/

HALOCILEGON.COM - Mengenai aktivasi vulkanik Gunung Anak Krakatau yang berpotensi tsunami ditanggapi oleh berbagai pihak yang berwenang untuk ditanggulangi secara tepat.

Potensi tsunami yang dibayangkan efek dari Gunung Anak Krakatau ini adalah kejadian di tahun 2018 yang lalu.

Untuk mengatasi kemungkinan bencana alam ini, pemerintah melalui pihak yang berwenang harus melakukan beberapa tindakan antisipasi atau rencana kontinjensi.

Karena sudah masuk pada level III maka yang harus ada kesiapsiagaan dari masyarakat, apalagi pemerintah untuk mempersiapkan segala hal untuk datangnya kemungkinan terburuk.

Baca Juga: BMKG Minta Pemda Siapkan Rencana Kontinjensi dan Masyarakat Ikuti Info Terpercaya Tentang Gunung Anak Krakatau

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BNPB Abdul Muhari mengatakan respons BNPB atas perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau mengacu pada situasi potensi bencana yang tengah terjadi.

"Pertama respons yang kita siapkan mengacu pada situasi potensi bencana yang ada. Kalau memang dalam tahapan pengamatan, artinya masih berada dalam potensi, belum pada situasi krisis, maka informasi yang disampaikan ke masyarakat masih kesiapsiagaan," ujar Abdul Muhari dalam webinar yang dikutip oleh Halocilegon.com dari Antaranews.com pada Selasa, 26 April 2022.

Abdul mengatakan BNPB hingga saat ini belum mengambil langkah-langkah taktis seperti melakukan evakuasi warga. Ia menegaskan hingga saat ini BNPB masih mengamati aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau.

Apabila terjadi kenaikan aktivitas Gunung Anak Krakatau dan mengarah pada erupsi serta berpotensi menyebabkan tsunami, maka aspek kontijensi di sekitar Selat Sunda akan diberlakukan.

Halaman:

Editor: Roby Martin

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

x