Penentuan Awal Ramadhan 2022, Ada Kemungkinan Beda Awal Ramadhan, Kemenag: Kita Tunggu Hasil Isbat

- 1 April 2022, 14:00 WIB
Kemenag, penentuan awal bulan ramadhan
Kemenag, penentuan awal bulan ramadhan /Kemenag.go.id/Kemenag

 

HALOCILEGON.COM - Penentuan awal Ramadhan 2022 merupakan hal yang paling ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Mereka yang mengikuti keputusan awal Ramadhan dari pemerintah akan menunggu hasil sidang isbat.

Sedangkan beberapa masyarakat Indonesia lainnya lebih mengikuti keputusan awal Ramadhan 2022 dari organisasi masyarakat Islam yang diikutinya, seperti halnya yang bisa terjadi perbedaan adalah penetapan awal Ramadhan yang dilakukan oleh muhamadiyah seringkali berbeda dengan penetapan pemerintah.

Baca Juga: Dua Polisi yang Tembak 4 Laskar FPI Divonis Bebas, Hakim Beberkan Dua Alasan Ini

Oleh karena itu kemenag meminta masyarakat Indonesia menunggu hasil sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan 2022 yang akan dilaksanakan pada Jumat 1 April 2022 dan penetapan ini selain untuk penentuan awal Ramadhan, dapat juga menjadi rujukan untuk pelaksanan hari pertama shalat tarawih.

Ada kemungkinan terjadi perbedaan awal Ramadan 2022 karena metode penetapan yang digunakan tidak sama. Ada yang akan mengawali Ramadan pada 2 April 2022 dan kemungkinan ada pula yang mulai puasa pada 3 April 2022.

Baca Juga: Luhut: Masyarakat Agar Senantiasa Memakai Masker untuk Mewaspadai Varian Omicron BA2

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib mengajak masyarakat untuk menunggu hasil Sidang Isbat. “Kita tunggu hasil Sidang Isbat,” dilansir oleh Halocilegon.com dari Kemenag.go.id pada Kamis, 31 Maret 2022.

Menurut Adib, Sidang Isbat awal Ramadan 1443 H akan digelar pada 1 April 2022, bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H. Sidang Isbat dihelat oleh Kementerian Agama, sebagaimana amanah fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No 2 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah. 

Halaman:

Editor: Roby Martin

Sumber: Kemenag


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x