Fenomena God Spot dan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) yang Belum Diketahui oleh Banyak Orang

- 9 April 2022, 18:24 WIB
Ilustrasi God Spot di Otak Manusia
Ilustrasi God Spot di Otak Manusia /Unsplash.com/@averey

 

HALOCILEGON.COM - Bagi anda yang pernah membaca bukunya Kecerdasan Spiritual karangan pasangan suami istri, Danah Zohar dan Ian Marshall akan mengetahui istilah God Spot atau titik Ketuhanan pada otak manusia yang merujuk kepada riset VS Ramachandran dari Universitas California.

God Spot adalah otak bagian lobus temporal yang terletak di bagian pelipis yang berkaitan dengan pengalaman religius atau spiritual seseorang.

Dalam pengalaman spiritual, otak manusia mengalami pola aktivitas elektris tertentu, inilah yang kemudian ramai di Indonesia, populer dengan nama ESQ.

Sekadar mengingatkan bahwa, Danah Zohar dan Ian Marshall sebagai penulis buku SQ atau kecerdasan spiritual menyatakan bahwa spiritualitas bisa ditempuh walau tanpa agama dan Tuhan.

Baca Juga: Sisi Budaya yang Ada di Dalam Agama yang Perlu Kamu Ketahui

Output yang didapatkan dari kecerdasan spiritual adalah kemampuan untuk bahagia, pemaknaan terhadap kehidupan dan tindakan baiknya terhadap manusia juga alam sekitarnya.

Bahwa benar training ESQ, yang mempopulerkan training motivasi dengan muhasabah, yakni peserta training menangis sejadi-jadinya dan disitulah menganggap ditentukannya keberhasilan seorang motivator membawakan sebuah training.

Malah ada yang menganggap dari tangisan yang didapatkan dari acara muhasabah adalah hidayah atau pengalaman religius.

Di majelis dzikir atau pengajian yang mengajak jamaahnya doa dan berdzikir bersama, tangisan yang jadi andalan ketikan untuk mengakhiri sesi acara pengajian.

Halaman:

Editor: Roby Martin


Tags

Terkait

Terkini