Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia 28 November, Memiliki Kontribusi Penting terhadap Lingkungan

- 28 November 2022, 12:39 WIB
Ilustrasi Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Menanam Satu Pohon untuk Bumi yang Lebih Baik
Ilustrasi Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Menanam Satu Pohon untuk Bumi yang Lebih Baik /PEXELS/Leiliane Dutra

HALOCILEGON - 28 November 2022 merupakan hari yang memiliki kontribusi penting terhadap lingkungan, hari ini diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

HMPI ditetapkan setiap 28 November berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 dan diperingati setiap tahunnya.

Sebagaimana dalam Kepres RI Nomor 24 Tahun 2008, Hari Menanam Pohon Indonesia berawal dari Aksi Penanaman Serentak Indonesia dan Pekan Pemeliharan Pohon di Kabupaten Bogor pada tanggal 28 November 2007.

Baca Juga: FKPPAI Kota Serang Raya Gelar Aksi Penanaman 1000 Pohon di Kampung Pekijing Provinsi Banten

“a. bahwa pencanangan Aksi Penanaman Serentak Indonesia dan Pekan Pemeliharaan Pohon di Desa Cibadak, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor tanggal 28 November 2007, yang merupakan awal dimulainya kegiatan menanam selama bulan Desember 2007 sebagai Bulan Menanam Nasional, merupakan momentum strategis bangsa Indonesia dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan, serta kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan”

“b. bahwa dalam upaya melakukan kesinambungan kegiatan sebagaimana dimaksud pada huruf a dan upaya memasyarakatkan gerakan tanam dan pelihara pohon secara nasional sebagai sikap hidup dan budaya bangsa, perlu menetapkan tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia dengan Keputusan Presiden”

Dengan adannya keputusan tersebut, bulan November sebagai awal mula kegiatan menanam pohon dan dilanjutkan pada bulan Desember, sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional.

Baca Juga: Jangan Panik, Berikut Hal yang Harus Dilakukan Ketika Terjadi Gempa

Hal ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan meminimalisir kerusakan sumber daya hutan melalui kegiatan penanaman pohon.

Halaman:

Editor: Nurhendra Wibowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

x