Waspadai Perubahan Iklim yang Disebabkan oleh Aktivitas Manusia dalam Penggunaan Bahan Bakar Minyak

- 22 April 2022, 02:21 WIB
Ilustrasi Efek Rumah Kaca yang Menyebabkan Perubahan Iklim
Ilustrasi Efek Rumah Kaca yang Menyebabkan Perubahan Iklim /

HALOCILEGON.COM - Inilah perubahan iklim yang terjadi hari ini disebabkan oleh banyak hal dan salah satu penyebabnya adalah aktivitas manusia.

Penggunaan bahan bakar minyak yang paling ramai dipakai pada kawasan industri, perkotaan dan segala macam yang keperluan yang menggunakan bahan bakar minyak sehingga menyebabkan perubahan iklim.

Hal ini menjadi isu besar yang penting diperhatikan untuk bisa dikurangi mengenai penggunaan bahan bakar minyak agar perubahan iklim dapat terkendali dengan baik.

Sebab hal tersebut sangat punya pengaruh besar terhadap perubahan iklim yang terjadi hari ini.

Baca Juga: Masyarakat Adat Dapat Membantu Memulihkan Perubahan Iklim? Sia-Sia Tanpanya

Iklim adalah rata-rata cuaca dimana cuaca merupakan keadaan atmosfer pada suatu saat di waktu tertentu. 

Iklim didefinisikan sebagai ukuran rata-rata dan variabilitas kuantitas yang relevan dari variabel tertentu (seperti temperatur, curah hujan atau angin), pada periode waktu tertentu, yang merentang dari bulanan hingga tahunan atau jutaan tahun.

Iklim berubah secara terus menerus karena interaksi antara komponen-komponennya dan faktor eksternal seperti erupsi vulkanik, variasi sinar matahari, dan faktor-faktor disebabkan oleh kegiatan manusia seperti misalnya perubahan pengunaan lahan dan penggunaan bahan bakar fosil.

Baca Juga: Masih Melakukan Deforestasi? Perubahan Iklim Akan Semakin Krisis Apabila Dilanjutkan Kata Para Peneliti Iklim

Halaman:

Editor: Roby Martin

Sumber: menlhk.go.id


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x