Pengunjung Ziarah di Banten Lama 10.000 Orang Perhari, Meningkat 2 Kali Lipat dari Biasanya

- 2 April 2022, 10:39 WIB
Ribuan wisatawan memadati kawasan wisata ziarah Banten Lama
Ribuan wisatawan memadati kawasan wisata ziarah Banten Lama /M Hashemi Rafsanjani/

HALOCILEGON.COM - Tradisi munggahan yang dilakukan sebelum masuk bulan puasa ramadhan biasanya diisi dengan berziarah ke makam keluarga hingga ke makam para ulama di Banten Lama.

Ziarah di Banten Lama mengalami peningkatan dua kali lipat dari biasanya. Hal ini terjadi karena menjelang ramadhan tiba dan masyarakat Banten hingga di luar Banten ramai-ramai berdatangan ke Banten Lama.

Baca Juga: Hal-Hal yang Penting Kamu Ketahui, Tinjauan Agama dan Tata Cara Tradisi Pawang Hujan

Mereka berdatangan naik bus, mobil pick up, motor dan mobil pribadi, sambil mengajak keluarga besar untuk berziarah bersama di kompleks makam Banten Lama.

Dalam dua Minggu terakhir, pengunjung ziarah yang sebelumnya 2000 hingga 5000 pengunjung perhari, meningkat dua kali lipat menjadi sekitar 10.000.

Baca Juga: Tradisi Musik dan Tarian Bendrong Lesung yang Jarang Diketahui oleh Masyarakat Cilegon

Tidak hanya berziarah masyarakat pun menyempatkan berfoto keluarga di menara Banten Lama, sholat di Masjid Banten Lama, berkunjung ke Benteng Banten Lama, Benteng Spelwijk, Museum Banten dan belanja ke pedagang yang berjualan di sekitar kawasan ziarah Banten Lama.

Tradisi ziarah ke Banten Lama biasa dilakukan menjelang ramadhan dan setelah lebaran, selain ramai dilakukan di hari biasa. 

Baca Juga: Kesenian Rudat, Media Dakwah dalam Penyebaran Agama Islam Khas Masyarakat Cilegon

Halaman:

Editor: Roby Martin


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah