Tradisi Musik dan Tarian Bendrong Lesung yang Jarang Diketahui oleh Masyarakat Cilegon

- 5 Februari 2022, 10:36 WIB
Tari Bendrong Lesung: Menikmati Rasa Kesyukuran Petani Banten Menyambut Panen Raya
Tari Bendrong Lesung: Menikmati Rasa Kesyukuran Petani Banten Menyambut Panen Raya /Twitter @indtravel/Indonesia.Travel

HALOCILEGON.COM - Kota Cilegon, Provinsi Banten memiliki kesenian musik tradisional yang khas. Kesenian tarian dan musik tradisional ini merepresentasikan semangat dan kegembiraan masyarakat dalam menyambut musim panen.

Bendrong Lesung adalah kesenian tradisional yang menggunakan lesung dan alu sebagai property pertunjukannya. Lesung dan alu yaitu alat penumbuk padi tradisional yang terbuat dari kayu.

Kesenian musik tradisional Bendrong Lesung ini awalnya tumbuh dan berkembang secara turun temurun di daerah kota Cilegon, provinsi Banten yang merupakan tradisi masyarakat setempat yang dilestarikan untuk menyambut datangnya musim panen.

Bendrong Lesung merupakan luapan dari perayaan syukur dan kebahagiaan atas hasil panen yang mereka dapatkan. 

Baca Juga: Kesenian Rudat, Media Dakwah dalam Penyebaran Agama Islam Khas Masyarakat Cilegon

Perkembangan tradisi Bendrong Lesung ini tidak hanya dalam ditampilkan dalam musim panen, tetapi juga dilestarikan sebagai pertunjukan khas daerah kota Cilegon yang bisa ditampilkan di beberapa kesempatan pertunjukan pentas kesenian musik khas daerah, peresmian acara, dan penyambutan tamu besar.

Pertunjukan Bendrong Lesung awalnya kesenian Bendrong Lesung ini hanya dimainkan oleh wanita dewasa saja. Namun sekarang juga dimainkan oleh para remaja laki-laki maupun perempuan. 

Dalam pertunjukannya, kesenian Bendrong Lesung ini dimainkan oleh 6 orang. Dengan penuh semangat mereka memegang alu dan menghentakkannya pada lesung tersebut secara bergantian sehingga menghasilkan nada yang unik. 

Saat memainkan alu tersebut pemain juga bergerak seperti menari mengelilingi lesung dengan menunjukan ekspresi keceriaan mereka. 

Halaman:

Editor: Roby Martin

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah