Lebaran Haji 2022 Sebentar Lagi, Simak Waktu Pelaksanaan Puasa Tarwiyah dan Arafah, Niat Berikut Keutamaannya

- 7 Juni 2022, 13:04 WIB
Lebaran haji 2022 Ilustrasi ibadah haji dan umroh.
Lebaran haji 2022 Ilustrasi ibadah haji dan umroh. /kabar banten.com/

HALOCILEGON - Lebaran Haji 2022 atau Idul Adha 1443 Hijriyah hanya tingga satu bulan lagi terhitung sejak bulan Juni ini.

Jika merujuk kalender hijriyah, maka bulan haji 2022 jatuh pada tanggal 9 Juli 2022 mendatang.

Sebelum memasuki Lebaran Haji 2022 atau Idul Adha 1443 Hijriyah, pada 10 pertama di bulan Dzulhijjah sebaiknya kamu tidak melewatkan puasa Tarwiyah karena keutamaannya sangatlah besar.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Saat Shalat Harus Membaca Al-Fatihah kata Buya Arrazy, Ada Rahasia Dahsyat Dibalik Fatihah?

Puasa Tarwiyah (puasa hari ke-8) adalah puasa yang memiliki keutamaan dimana dosa kita akan diampuni Allah SWT selama satu tahun ke belakang.

Hal ini seturut dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Ibnu An-Najjar dan Abdullah bin Abbas sebagai berikut:

"Puasa di hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah) akan mengampuni dosa setahun yang lalu, Sedangkan puasa hari Arafah (9 Dzulhijjah) akan mengampuni dosa dua tahun."

Dalam hadist ini dijelaskan, tidak hanya Puasa Tarwiyah, Puasa Arafah juga tak kalah besar keutamaannya bagi yang mengerjakan, diampuni dosanya selama 2 tahun.

Baca Juga: 5 Hal Misterius ini Patut Kamu Waspadai Jika Terjadi Dalam Rumah, itu Ciri Makhluk Halus Sedang Mengganggu

Halaman:

Editor: Syamsul Ma'arif

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah